(Oleh: Ustadz Abu Abdillah al-Atsari)
Definisi Bohong
Raghib al-Ashfahani berkata:
“Asal jujur dan bohong adalah dalam perkataan, baik itu pada perkara
yang telah lampau, akan datang, atau berupa sebuah janji. Dinamakan
bohong karena ucapannya menyelisihi apa yang ada di dalam hatinya.”
(Fathul Bari, 10/623).
Berkata Imam Nawawi:
“Ketahuilah, madzhab Ahlus Sunnah berkata bahwa bohong adalah
mengabarkan sesuatu yang menyelisihi kenyataannya, sama saja engkau
sengaja atau tidak sengaja. Orang yang berbohong dengan tidak sengaja,
maka tidak ada dosanya, akan tetapi ia akan berdosa apabila melakukannya
dengan sengaja.”
(Al-Adzkar, hal. 326, lihat pula Al-Adab asy-Syar’iyah, 1/53)
Hukum Berbohong
Ketahuilah, dalil-dalil dari Kitab dan Sunnah yang menegaskan
haramnya berbohong secara umum sangat banyak. Bohong termasuk dosa yang
jelek dan aib yang tercela. Umat ini telah sepakat akan keharaman
berbohong, ditambah lagi dengan adanya dalil-dalil yang sangat banyak
dalam masalah ini. (Al-Adzkar, hal. 324).
Celaan bagi orang yang berbohong
1. Tidak mengindahkan Perintah Allah
Allah memerintahkan seluruh hamba-Nya agar tidak mengikuti sesuatu
yang tidak ada ilmunya. Orang yang berbohong berarti telah
memperturutkan hawa nafsu untuk mengikuti apa yang tidak dia ketahui,
dan hal ini terlarang dengan tegas sebagaimana dalam firman-Nya:
وَلا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا
“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai
pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati,
semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (Al Israa’: 36)
Imam asy-Syinqithi berkata:
“Allah melarang dalam ayat yang mulia ini agar manusia tidak
mengikuti apa yang dia tidak mempunyai pengetahuan di dalamnya. Termasuk
di dalam hal ini adalah perkataan orang yang berkata: ‘Saya telah
melihat’, padahal dia belum melihatnya. ‘Saya telah mendengar’, padahal
dia belum mendengarnya. ‘Aku tahu’, padahal dia tidak mengetahuinya. Demikian pula orang yang berkata tanpa ilmu dan orang yang mengerjakan amalan tanpa ilmu, tercakup pula dalam ayat ini.” (Adhwa’ul Bayan, 3/145)
2. Perintah berbuat jujur, larangan akan kebalikannya
Apabila Allah memerintahkan sesuatu, maka mengandung konsekuensi
larangan akan kebalikannya. Perintah berbuat jujur, berarti larangan
berbohong. Perhatikanlah fiman Allah berikut ini:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (At-Taubah: 119)
Syaikh Abdurrahman as-Sa’di berkata:
“Firman-Nya ‘Dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar’,
yaitu di dalam perkataan, perbuatan, dan dalam keadaan mereka. Ucapan
yang terlontar dari mereka benar dan jujur, tiadalah perbuatan dan
keadaan mereka kecuali benar, jauh dari rasa malas, selamat dari maksud
jahat, berupaya ikhlas dan niat yang shalih. Sesungguhnya kejujuran
membawa kepada kebaikan, dan kebaikan menghantarkan kepada kebaikan, dan
kebaikan menghantarkan ke dalam surga.” (Taisir Karimir Rahman, hal.
312).
Demikian pula Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah
bersabda memuji sifat jujur dan mencela sifat bohong. Cermatilah hadits
berikut ini:
Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya kejujuran itu
membawa kepada kebaikan, dan kebaikan menghantarkan ke dalam surga.
Tidaklah seseorang berbuat jujur hingga Allah mencatatnya sebagai orang
yang selalu jujur. Dan berbohong itu membawa kepada kejelekan, dan
kejelekan itu menghantarkan ke dalam neraka. Sungguh seseorang terbiasa bohong hingga Allah mencatatnya sebagai seorang pembohong.” (HR. Bukhari no. 6094, Muslim no. 2607)
3. Petaka lisan
Kata orang, lisan adalah daging tak bertulang, apabila manusia tidak
menjaga lisannya, maka kebinasaanlah yang ia dapat. Ingatlah selalu,
tidak ada satu ucapan pun yang keluar dari mulut kita, kecuali ada
malaikat yang mencatat. Allah berfirman:
مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ
“Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (Qaaf: 18)
4. Tanda orang munafik
Berbohong adalah kebiasaan orang munafik. Orang munafik akan selalu
menampakkan sesuatu yang menyelisihi apa yang ada dalam benaknya, di
antaranya adalah dengan berbohong. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam berkata:
“Tanda orang munafik ada tiga: Apabila berbicara dia dusta, apabila
berjanji mengingkari, dan apabila dipercaya dia khianat.” (HR. Bukhari
no. 6095, Muslim no. 59).
5. Kebinasaan bagi yang berbohong
Berbohong tidaklah dibenarkan, baik sungguh-sungguh ataupun sekedar
main-main saja. Sering kita lihat, orang kalau sudah kumpul dengan
temannya akan berupaya membuat senang dan tertawa teman-temannya
walaupun harus berbohong! Tentunya hal ini tidaklah dibenarkan juga,
mengingat sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berbunyi:
“Celakalah orang yang berbohong agar orang lain tertawa, celakalah
dia, celakalah dia.” (HR. Abu Dawud no. 4990, Tirmidzi no. 2315, Darimi
no. 2705, Ahmad 5/7. Dihasankan oleh al-Albani dalam al-Misykah no.
4834).
Sahabat mulia Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Bohong tidaklah dibenarkan, baik sungguh-sungguh maupun sekedar main-main.” (Tafsir Ibnu Katsir, 2/363).
6. Adzab yang pedih
Inipun termasuk celaan dan ancaman bagi orang yang berbohong,
renungilah kisah dalam hadits berikut ini, bahwa berbohong bukan sekedar
dosa yang ringan!
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Pada suatu malam aku bermimpi didatangi dua orang laki-laki,
kemudian keduanya membawaku ke sebuah tempat yang suci. Di tempat itu
aku melihat dua orang yang sedang duduk dan ada dua orang yang sedang
berdiri, di tangan mereka ada sebatang besi. Besi itu ditusukkan ke
tulang rahangnya sampai tembus tengkuknya. Kemudian ditusukkan besi itu
pada tulang rahangnya yang lain semisal itu juga, hingga penuh dengan
besi…
Akhirnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya: “Kalian telah
mengajakku berkeliling, sekarang kabarkan kepadaku peristiwa demi
peristiwa yang telah aku lihat.” Keduanya berkata: “Adapun orang yang
engkau lihat menusuk rahangnya dengan besi, dia adalah seorang pendusta,
berkata bohong hingga dosanya itu memenuhi penjuru langit. Apa yang
engkau lihat terhadapnya akan terus diperbuat hingga hari kiamat.”
(HR. Bukhari no. 1386, Ahmad 5/14).
Kebohongan yang paling bohong
Bohong bisa dengan berbagai cara. Di antaranya adalah dengan
menceritakan mimpi yang sebenarnya dia tidak melihat mimpi itu. Takutlah
wahai saudaraku, janganlah engkau terbiasa menceritakan mimpi yang
engkau tidak melihatnya, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda:
“Sungguh kedustaan yang paling dusta adalah menceritakan mimpi yang tidak ia lihat.”
(HR. Bukhari no. 7043, Ahmad 2/96).
Berdusta terhadap Allåh dan Råsul-Nya
Sesungguhnya tingkah polah orang-orang yang ingin menghancurkan agama
ini sangat beragam, mulai dari orang yang menolak Sunnah dengan
mencukupkan berpegang pada Al-Qur’an, atau orang-orang yang menerima
sebagian Sunnah dan menolak sebagian yang lain. Yang lebih parah dari
semua adalah orang-orang yang berbuat kedustaan terhadap agama yang
hanif ini. Mereka berani berdusta terhadap Allah dan Rasul-Nya. Berikut
ini sedikit penjelasan tentang bahayanya berdusta atas nama Allah dan
Rasul.
1. Berdusta terhadap Allah
Tidak diragukan lagi berdusta atas Allah merupakan dosa yang paling
besar dan perbuatan yang paling jelek. Bahkan orang yang berani berdusta
terhadap Allah berarti telah mengekor para pendahulu mereka dari
kalangan ahli kitab. Allah berfirman:
وَإِنَّ مِنْهُمْ لَفَرِيقًا يَلْوُونَ أَلْسِنَتَهُمْ بِالْكِتَابِ
لِتَحْسَبُوهُ مِنَ الْكِتَابِ وَمَا هُوَ مِنَ الْكِتَابِ وَيَقُولُونَ
هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ وَمَا هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ وَيَقُولُونَ
عَلَى اللَّهِ الْكَذِبَ وَهُمْ يَعْلَمُونَ
“Sesungguhnya di antara mereka ada segolongan yang memutar-mutar
lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu
sebagian dari Al Kitab, padahal ia bukan dari Al Kitab dan mereka
mengatakan: “Ia (yang dibaca itu datang) dari sisi Allah”, padahal ia
bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dusta terhadap Allah, sedang
mereka mengetahui.” (Ali ‘Imran: 78).
Sangat banyak ayat-ayat Allah yang mengancam orang yang berdusta terhadap-Nya. Di antaranya Allah berfirman:
فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرَى عَلَى اللَّهِ كَذِبًا لِيُضِلَّ
النَّاسَ بِغَيْرِ عِلْمٍ إِنَّ اللَّهَ لا يَهْدِي الْقَوْمَ
الظَّالِمِينَ
“Maka siapakah yang lebih zhalim daripada orang-orang yang membuat-buat
dusta terhadap Allah untuk menyesatkan manusia tanpa pengetahuan?”
Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang
lalim.” (Al-An’aam: 144)
Imam ath-Thabari berkata:
“Maka siapakah yang lebih zhalim terhadap dirinya, jauh dari
kebenaran, daripada orang yang membuat kebohongan terhadap Allah? Masuk
dalam ayat ini pula adalah mengharamkan apa yang tidak diharamkan Allah,
dan menghalalkan apa yang tidak dihalalkannya.” (Tafsir ath-Thabari,
8/68).
Firman Allah yang lain:
فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ كَذَّبَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَصَدَفَ عَنْهَا
سَنَجْزِي الَّذِينَ يَصْدِفُونَ عَنْ آيَاتِنَا سُوءَ الْعَذَابِ بِمَا
كَانُوا يَصْدِفُونَ
“Maka siapakah yang lebih zhalim daripada orang yang mendustakan
ayat-ayat Allah dan berpaling daripadanya? Kelak Kami akan memberi
balasan kepada orang-orang yang berpaling dari ayat-ayat Kami dengan
siksaan yang buruk, disebabkan mereka selalu berpaling.” (Al-An’aam:
157).
Di antara bentuk berdusta atas Allah adalah menafsirkan ayat-ayat
Allah tanpa ilmu, memoles ayat untuk kepentingan hawa nafsunya! Ketahuiolah wahai saudaraku seiman, generasi terbaik umat ini sangat berhati-hati untuk menafsirkan ayat tanpa ilmu.
Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu berkata:
“Bumi manakah yang dapat kupijak dan langit manakah yang dapat menaungiku bila aku berbicara tentang Kitabullah tanpa ilmu?”
(Majmu’ Fatawa, 13/371).
Tabi’in yang mulia Masyruq berkata:
“Hati-hatilah kalian dalam menafsirkan Al-Qur’an, karena hal itu merupakan periwayatan tentang Allah.” (Majmu’ Fatawa, 13/374)
Syaikhul Islam mengomentari atsar-atsar di atas:
“Atsar-atsar yang shahih ini dan yang semisalnya dari para imam
salaf, dibawa pada keberatan mereka untuk berbicara tentang tafsir yang
mereka tidak tahu ilmunya. Adapun orang yang berbicara tafsir dengan
ilmu yang ia miliki secara bahasa dan syar’i, maka tidaklah mengapa.
Inilah yang wajib ditempuh oleh setiap orang, wajib baginya diam dalam perkara yang ia tidak punya ilmu tentangnya, demikian pula wajib menjelaskan bagi yang ditanya dan ia mengetahui permasalahan tersebut.” (Majmu’ Fatawa, 13/374).
Demikian pula, termasuk perusak dan penghancur agama ini adalah banyaknya orang-orang yang berfatwa tanpa ilmu.
Tidak sedikit orang yang berfatwa tanpa ilmu, menyitir ayat-ayat Allah
lalu menafsirkan dengan akalnya yang cekak! Fa innaa lillah wa innaa
ilaihi raaji’uun.
Allah berfirman:
قُلْ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا
بَطَنَ وَالإثْمَ وَالْبَغْيَ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَأَنْ تُشْرِكُوا
بِاللَّهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهِ سُلْطَانًا وَأَنْ تَقُولُوا عَلَى
اللَّهِ مَا لا تَعْلَمُونَ
“Katakanlah: “Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang
nampak atau pun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak
manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah
dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujah untuk itu dan
(mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu
ketahui.” (Al-A’raaf: 33).
Imam Ibnul Qayyim berkata:
“Allah mengurutkan keharaman-keharaman menjadi empat tingkatan. Dia
memulai dengan yang paling ringan yaitu perbuatan keji, kemudian yang
lebih berat keharamannya yaitu dosa dan kezhaliman, selanjutnya urutan
yang ketiga yang lebih besar keharamannya dari kedua di atas yaitu
kesyirikan, dan diakhiri dengan yang paling berat keharamannya
dibandingkan semua di atas yaitu berbicara terhadap Allah tanpa ilmu.”
(I’lamul Muwaqqi’in, 1/47).
Firman Allah yang lain:
وَلا تَقُولُوا لِمَا تَصِفُ أَلْسِنَتُكُمُ الْكَذِبَ هَذَا حَلالٌ
وَهَذَا حَرَامٌ لِتَفْتَرُوا عَلَى اللَّهِ الْكَذِبَ إِنَّ الَّذِينَ
يَفْتَرُونَ عَلَى اللَّهِ الْكَذِبَ لا يُفْلِحُونَ
“Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh
lidahmu secara dusta “Ini halal dan ini haram”, untuk mengada-adakan
kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang mengada-adakan
kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung.” (An-Nahl: 116).
Sebagian salaf berkata:
“Hendaklah kalian takut berkata: ‘Allah telah menghalalkan ini dan
mengharamkan itu’, kemudian Allah berkata kepadamu: ‘Engkau dusta! Aku
tidak pernah menghalalkan ini dan mengharamkan itu.’ Maka tidaklah
pantas seseorang berkata tanpa ilmu tentang halal dan haram, atau
berkata Allah telah menghalalkan dan mengharamkannya hanya didasari
taqlid dan atkwil.” (I’lamul Muwaqqi’in, 1/47).
2. Berdusta terhadap Rasulullah
Sesungguhnya adanya kedustaan-kedustaan atas diri Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sebuah pelanggaran besar terhadap
beliau. Orang yang berbuat demikian sama saja menghalangi manusia dari
agama yang haq. Terlebih lagi bagi orang awam yang selalu menerima
apapun yang dikatakan kepada mereka, sekalipun sebenarnya bertabrakan
dengan kaidah agama, tuntunan fithrah dan akal.
Berdusta atas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam antara lain
dengan membuat hadits palsu, berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam telah berkata dan mengerjakannya. Orang yang berdusta terhadap
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam diancam dengan neraka.
Bedasarkan hadits-hadits berikut:
Dari Ali bin Abu Thalib radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersbda:
“Janganlah kalian berbuat dusta terhadapku, sesungguhnya orang yang
berdusta terhadapku hendaklah ia masuk ke dalam neraka.” (HR. Bukhari
no. 106, Muslim no. 1).
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:
“Barangsiapa yang berdusta atasku, hendaklah ia mengambil tempat
duduknya di neraka.” (Mutawatir. HR. Bukhari no. 107, Muslim no. 3004).
Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata:
“Berdusta atas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah dosa
besar, sedangkan berdusta kepada selainnya termasuk dosa kecil. Maka
tidaklah sama ancaman bagi yang berdusta atas Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam dan selain beliau.” (Fathul Bari, 1/267).
BOHONG YANG DIBOLEHKAN
Imam Nawawi berkata:
“Ketahuilah, sesungguhnya berbohong itu sekalipun asalnya haram, akan
tetapi dibolehkan pada beberapa keadaan dengan syarat-syarat tertentu.”
(al-Adzkar, hal. 325).
Di antara perkara yang dibolehkan untuk berbohong, antara lain:
1. Untuk mendamaikan di antara manusia.
Asal bolehnya hal ini, adalah apa yang diriwayatkan oleh Ummu Kultsum binti Uqbah:
Dari Ummu Kultsum, dia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda: “Bukanlah termasuk pembohong orang yang mendamaikan di
antara manusia, berniat baik atau berkata baik.”
(HR. Buhari no. 26920)
2. Ketika perang
Perang merupakan tipu muslihat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Perang adalah tipu muslihat.”
(HR. Bukhari no. 3030, Muslim no. 1739).
Imam Ibnul Arabi berkata:
“Bohong ketika perang adalah pengecualian yang dibolehkan berdasarkan
nash, sebagai keringanan bagi kaum muslimin karena kebutuhan mereka
ketika itu.” (Fathul Bari, 6/192, lihat pula ash-Shahihah, 2/86).
3. Antara suami istri
Berdasarkan hadits:
Berkata Ummu Kultsum: “Tidak pernah aku mendengar dari Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi keringanan untuk berbohong kecuali
pada tiga perkara. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
‘Tidaklah aku anggap seorang itu berbohong apabila bertujuan mendamaikan
di antara manusia, berkata sebuah perkataan tiada lain kecuali untuk
perdamaian; orang yang bohong ketika dalam peperangan; dan suami yang
berbohong kepada istrinya atau istri yang berbohong kepada suaminya.;”
(HR. Abu Dawud no. 4921, dishahihkan oleh al-Albani dalam ash-Shahihah no. 54).
Imam Nawawi berkata:
“Adapun bohong kepada istri, atau istri bohong kepada suami, maka
yang diinginkan adalah menampakkan kasih sayang dan janji yang tidak
mengikat. Adapun bohong yang tujuannya menipu dengan menahan apa yang
wajib ditunaikan atau mengambil yang bukan haknya, maka hal itu
diharamkan menurut kesepakatan kaum muslimin.”
(Syarah Shahih Muslim, 16/121).
Syaikh al-Albani berkata:
“Bukanlah termasuk bohong yang dibolehkan, apabila suami menjanjikan
kepada istrinya yang dia sebenarnya tidak ingin menepati janji tersebut,
atau suami mengabarkan kepada istrinya bahwa dia telah membeli ini dan
itu lebih banyak dari kenyataannya untuk mencari ridha sang istri.
Perkara semacam ini bisa terbongkar, dapat menjadi sebab cekcok serta
prasangka buruk seorang istri kepada suaminya, ini termasuk kerusakan
bukan perbaikan.”
(ash-Shahihah, 1/818).
Demikianlah yang dapat kami bahas pada edisi kali ini. Untuk memahami
lebih luas pembahasan ini silakan lihat Syarah Shahih Muslim (16/121),
al-Adzkar (hal. 324-326), keduanya karya Imam Nawawi. Akhirul kalam,
semoga kita termasuk hamba-hamba-Nya yang shalih, jauh dari kedustaan
dan istiqomah menapaki jalan kebenaran. Amiin. Allahu A’lam.
(Disalin dari Majalah Al-Furqan, Edisi: 8 Tahun V/Rabi’ul Awwal 1427 H/ April 2006)
Apakah tetap dikatakan berdusta jika tidak memaksudkannya?
Dalam sebuah hadits disebutkan,
“Marwan mengutus Abdullah bin Utbah kepada Subai’ah binti Al Harits
untuk menanyakan tentang sesuatu yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam fatwakan kepadanya, lalu Subai’ah menceritakan, bahwa dirinya
adalah isteri dari Sa’ad bin Khaulah, kemudian dia ditinggal mati
olehnya pada saat haji Wada’ dan dia termasuk orang yang ikut serta
dalam perang Badar.
Kemudian dia melahirkan sebelum berlalu masa empat bulan sepuluh hari
dari kematian suaminya, lalu dia bertemu dengan Abu as-Sanaabil -yaitu
Ibnu Ba’kak- setelah suci dari nifasnya dan menggunakan celak.
Kemudian Abu as-Sanaabil berkata kepadanya,
“Tahanlah dirimu -atau kalimat yang serupa dengannya-, mungkin kamu
menghendaki nikah, sesungguhnya masa iddahmu adalah empat bulan sepuluh
hari dari kematian suamimu.”
(dalam riwayat lain Abu as-Sanaabil berkata:
“Sepertinya engkau ingin menyatakan bahwa sudah baa’ah (selesai iddah
dan siap menikah), ketahuilah engkau belum boleh menikah hingga lewat
satu dari dua iddah yang terlama…”)
Subai’ah lalu berkata,
“Maka aku menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan menceritakan
kepada beliau apa yang telah dikatakan oleh Abu as-Sanaabil bin Ba’kak.”
(Dalam riwayat lain Rasulullåh shållallåhu ‘alayhi wa sallam bersabda:
كَذَبَ أَبُو السَّنَابِلِ
“Abu Sanaabil telah berkata dusta…”
إِذَا أَتَاكِ أَحَدٌ تَرْضَيْنَهُ فَأْتِينِي بِهِ أَوْ قَالَ فَأَنْبِئِينِي فَأَخْبَرَهَا أَنَّ عِدَّتَهَا قَدْ انْقَضَتْ
“Jika seseorang yang engkau sukai datang melamarmu maka datanglah
kepadaku atau kabarilah aku, maka Subai’ah mengabari Nabi bahwa iddahnya
sudah lewat.”)
Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadanya:
قَدْ حَلَلْتِ حِينَ وَضَعْتِ حَمْلَكِ
“Kamu telah halal untuk menikah sejak kamu melahirkan kandunganmu.”
(HR. Ahmad. Dishahihkan Al Albani dalam Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 69. Asal kisah riwayat Bukhari dan Muslim)
Syaikh al-’Utsaimin rahimahullah berkata:
Dusta artinya ucapan atau khabar yang berlawanan dengan
kenyataan/fakta (Waqi’) sedangkan “Benar/Jujur” adalah berita atau
khabar yang sesuai dengan fakta/kenyataan.
Jika ada orang yang berkata :“Orang itu telah datang hari
ini”,padahal orang itu tidak datang maka ini disebut dusta, meskipun
orang itu tidak sengaja mengatakannya.
[Jadi orang boleh saja disebut "telah BERDUSTA", WALAUPUN TIDAK BERMAKSUD dan TIDAK MENYENGAJA untuk BERDUSTA,pent].
Kemudian, Syaikh membawakan hadits diatas sebagai argumen dari pernyataan beliau diatas…
(Lihat Kitab Tafsir Surat al-Kahfi Syaikh al-Utsaimin; sumber salafyitb)
No comments:
Post a Comment